Kamis, 06 Desember 2012

Mengidentifikasi Perangkat Keras yang Digunakan dalam Akses Internet/Intranet

undefined
undefined. undefined
 A. Perangkat Keras Jaringan Internet 
Jaringan internet berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer supaya dapat saling bertukar data dan informasi.Tanpa adanya perangkat keras tentu saja komputer-komputer tidak dapat saling berhubungan.Beikut perangkat keras yang diperlukan untuk membentuk suatu jaringan internet:
1. Kabel
   Pada jaringan komputer kabel menjadi media penghubung utama antar komputer.Untuk jaringan lokal, dikenal 3 jenis kabel sebagai berikut :
 a. Co-axial, kabel yang digunakan di jaringan lokal dengan biaya yang cenderung lebih murah.
 b. UTP (Unshielded Twisted Pair), dengan menggunakan kabel ini pengembangan jumlah  
    klien dapat dilakukan tanpa menggunakan server.
 c. FDDI (Fiber Data Distributed Interface), mempunyai dua buah ring untuk
    komunikasinya.

2. Kartu Jaringan
    Kartu Jarungan merupakan salah satu interfaceyang memiliki peranan besar dalam sistem jaringan.Kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan transmisi data.

3.HUB
  Berfungsi untuk media antarkoneksi jarak jauh.Berikut adalah beberapa jenis HUB:
 a. Hub Standar 10 mbps
   Hub ini memiliki kecepatan maksimum 10 mbps, namun kecepatan transmisi tidak teratur.
b. Hub Switch Unmanage 10/100 mbps
  Kecepatan maksimum transmisi nya 10 atau 100 mbps, tergantung kartu jaringan yang digunakan.
c. Hub Switch Manage 100 mbps
  Hub ini memiliki kecepatan 100 mbps, dengan kecepatan tiap port yang teratur.

B. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
1. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Dial Up
    Secara umum, untuk menghubungkan dengan internet dibutuhkan komponen berikut:
 a. Seperangkat Komputer.
 b. Modem
 c. PublicSwitchedTelephoneNetwork (PSTN)
 d. Internet Service Provider (ISP) yang terdiri dari : modem,firewall,dan router.

2. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Leased Line
3. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Nirkabel
4. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Telepon Selular
5. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem yang Lain
  a. Wireless fidelity (WiFi)
  b. Jaringan TV Kabel
  c. HUB
  D. Server


Mengidentifikasi Perangkat Keras Yang Digunakan Dalam Akses Internet


3.1    Perangkat Keras Jaringan Intranet
Jaringan intranet berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer supaya saling dapat bertukar data dan informasi. Tanpa adanya perangkat keras, tentu saja komputer-komputer kita tidak dapat saling berhubungan satu sama lain. Berikut adalah perangkat keras yang diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan intranet.

1.    Kabel

Pada jaringan komputer, kabel manjadi media penghubung utama antar komputer

2.    Kartu Jaringan

Kartu jaringan merupakan salah satu interface yang memiliki peranan besar dalam sistem jaringan. Kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data.

3.    Hub

Hub atau sering juga disebut konsentrator berguna sebagai media antarkoneksi yang jauh, yaitu alat pengumpul semua koneksi antar computer untuk kemudian disambungkan satu sama lain. Keuntungan penggunaan hub adalah fleksibel, sehingga jumlah klien dapat ditambahkan setiap saat tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.

4.    Server

Untuk jaringan dengna tipe client-server, dibutuhkan komputer yang berfungsi sebagai server. Kebutuhan server dapat berbeda antara satu dengan yang lain, tergantung fungsi server dan sistem operasi yang terpasang.

3.2    Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

3.2.1    Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Dengan Sistem Dial Up

Untuk menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internet, secara sederhana kita dapat memanfaatkan jalur telepon biasanya disebut PSTN (Public Switched Telephone Network). PSTN merupakan jaringan telepon dari perusahaan jasa telekomunikasi. Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, kita dapat mengirimkan data dan informasi seperti kalau kita menelepon seseorang. Cara ini sering disebut koneksi internet sistem Dial Up.

Gambar 3.1 Komponen Koneksi Internet Dengan Sistem Dial Up
Secara umum, untuk menghubungkan diri dengan internet, kita memerlukan komponen koneksi berikut ini.

1.    Seperangkat Komputer

Kita perlu mempersiapkan seperangkat computer yang terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat peripheral seperti keyboard dan mouse, serta kartu jaringan (Network Interface Card). Kartu jaringan yang sering digunakan adalah jenis Ethernet. Kartu jaringan ini menyediakan port untuk kabel yang akan terhubung ke modem.

2.    Modem

Modem (Modulator Demodulator). Pada saat kita mengirimkan data atau informasi lewat internet, modem berfungsi untuk menterjemahkan data atau informasi yang semula dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog agar sinyal dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog. Sedangkan pada saat kita menerima data atau informasi dari internet, modem berfungsi untuk memisahkan data dari sinyal kabel telepon. Selanjutnya modem menerjemahkan data atau informasi sinyal analog menjadi sinyal digital. Dengan mekanisme ini, modem membuat computer kita dapat terhubung ke internet. Kemudian berkomunikasi dengan computer atau jaringan lain yang sudah terhubung ke internet.
Kecepatan modem dalam melakukan transfer data dan informasi diukur dengan satuan bit per detik (bit per second=bps). Saat ini, modem-modem yang digunakan di komputer umumnya memiliki kecepatan transfer berkisar 56 kbps. Modem dapat dikelompokan dalam dua kategori, yaitu,

a.      Modem Internal

Modem internal adalah perangkat modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard pada sistem unit CPU.

b.      Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan perangkat modem yang terpisah dengan system unit CPU dan dihubungkan dengan computer lewat kabel atau frekuensi.

3.    Public Switched Telephone Network (PSTN)

PSTN merupakan jaringan telepon dari perusahaan jasa telekomunikasi. Melalui kabel telepon yang tehubung ke modem, kita dapat mengirimkan data dan informasi sama seperti kalau kita menelpon orang lain.

4.    Internet Service Provider (ISP)

ISP merupakan penyedia layanan akses internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus mendaftarkan diri menjadi pelanggan sebuah ISP, Seperti Indosatnet, Indonet, Telkomnet, dan lain sebagainya.
Adapun perangkat yang digunakan oleh ISP untuk menghubungkan komputer ke internet terdiri dari modem, firewall, dan router.
a.      Modem yang digunakan memiliki fungsi dan proses kerja yang sama dengan modem pada umumnya.
b.      Firewall merupakan perangkat yang berisi sekumpulan program yang digunakan untuk menyaring virus atau mencegah akses dari orang yang belum mendaftar ke ISP tersebut.
c.      Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan yang jaringan yang lain. Fungsi lain router adalah mencarikan rute yang akan dilewati oleh data atau informasi yang dikirim dari jaringan yang satu menuju jaringan yang lain.

3.2.2   Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Dengan Sistem Leased Line

Selain menggunakan cara dial up, kita dapat menghubungkan diri ke ISP dengan menggunakan leased line. Pada dasarnya, hubungan antara komputer dengan ISP secara leased line hampir sama dengan sistem dial up. Perbedaannya pada fungsi kabel telepon yang hanya digunakan secara khusus untuk hubungan ke ISP, sehingga kabel itu tidak dapat digunakan untuk keperluan telepon atau mengirimkan pesan lewat faxsimile. Untuk mendapatkan layanan leased line, kita harus mendaftarkan diri ke perusahaan telekomunikasi yang ada, misalnya Telkomnet.

3.2.3  Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Dengan Sistem Nirkabel

Koneksi ke ISP yang memberikan layanan akses internet dapat dilakukan melalui teknologi nirkabel. Teknologi ini diciptakan untuk mengatasi kerumitan lalulintas kabel yang padat atau daerah-daerah tertentu yang sangat sulit untuk dipasangi kabel.
Teknologi nirkabel pada umumnya menggunakan gelombang radio untuk menstransmisikan data dan informasi. Gelombang yang umumnya digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.
Perangkat modem yang digunakan berbeda dengan modem dial up atau leased line meskipun fungsinya sama. Modem nirkabel berperan sebagai perangkat keras internal yang dipasang pada komputer, sedangkan menara pemancar berada di halaman sebagai perangkat keras eksternal yang berfungsi untuk memancarkan gelombang data dan informasi.
Bila perangkat-perangkat keras tersebut diatas telah tersedia, kita harus menyediakan perangkat lunak yang akan digunakan untuk melakukan akses internet. Adapun perangkat lunak yang diperlukan meliputi sistem operasi dan browser.
a.   Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer. Sistem operasi yang umumnya digunakan adalah Windows dan Linux.
b.   Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk memasuki dan mengakses internet. Browser yang biasa digunakan adalah Netscape Communicator, Internet Explorer (khusus di Windows), Opera, dan Firefox.

3.2.4   Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Dengan Sistem Telepon Seluler

Bagi kita yang memiliki telepon seluler (ponsel) dapat memanfaatkannya sebagai media untuk mengakses internet. Ponsel dengan fasilitas General Packet Radio Service (GPRS) dan SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS dapat menghubungkan komputer dengan internet dengan kecepatan berkisar 20-30 kbps.
Komputer yang digunakan harus menyediakan port data yang dapat disambungkan ke ponsel. Port data pada komputer tentu saja harus disesuaikan dengan port data pada ponsel yang berupa kabel data, sinar inframerah, atau bluetooth.
Untuk koneksi ke internet lewat ponsel, perngkat ponsel tersebut berfungsi sebagai modem. Sinyal dari ponsel tersebut selanjutnya akan diterima oleh perangkat Gateway yang dimiliki oleh ISP. Perngkat Gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.
Koneksi ke internet dapat dilakukan dimana saja. Dengan syarat ponsel tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal ke operator ponsel sebagai ISP.

3.2.5    Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Dengan Sistem Yang Lain

Banyak ragam peralatan lain yang dikembangkan untuk menghubungkan komputer ke ISP. Peralatan itu antara lain wireless fidelity dan jaringan tv kabel.
a.   Wireless Fidelity (WiFi) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan akses sampai 11 Mbps.
b.   Jaringan tv kabel juga meyediakan layanan akses komputer ke internet. Penggunaan tv kabel lebih menguntungkan, karena tidak terganggu dengan penggunaan telepon. Selain itu, satu paket berlangganan internet lewat jaringan tv kabel suddah termasuk siaran tv kabel.




















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar